Cara Daftar NPWP Sederhana dan Mudah

Cara Daftar NPWP Sederhana dan Mudah

all-truereligion.com – Belum lama ini Direktorat Jenderal Pajak sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan tentang tata cara mendaftar NPWP menggunakan langkah tercepat dan praktis melalui bermacam media massa. Tetapi, apa itu NPWP?. Dalam pengertian luasnya, diartikan Nomor WP yang digunakan sebagai sarana administrasi agar bisa melaksanakan hak serta kewajiban dalam urusan perpajakan. 

Apabila ingin membuat Nomor WP ini, caranya cukup mudah. Apalagi adanya fasilitas kecanggihan teknologi tak terbatas ini, maka justru akan mempercepat proses pendaftaran Nomor Wajib Pajak yang ingin dilakukan setelah memenuhi syarat tertentu. Namun tahukah anda, bagaimana cara daftar NPWP secara sederhana dan mudah? Apabila belum memahaminya, marilah simak penjelasan berikut!

Daftar Nomor WP Online

Cara termudah adalah mendaftar secara online. Berikut terdapat langkah-langkah dalam mendaftar Nomor Wajib Pajak Online paling mudah yakni melalui e-Registration (E-REG DJP).

  1. Kunjungi alamat website https://ereg.pajak.go.id/login supaya bisa mengakses halaman awal pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak online. Silakan mendaftar terlebih dahulu dengan pilih “daftar”. Dilanjutkan mengisi beberapa kolom kosong. Isilah email dengan benar.
  2. Lakukanlah verifikasi akun disertai dalam aktivitas membuka kotak masuk (inbox) e-Registration terlebih dahulu dari email yang digunakan untuk  mendaftar barusan, kemudian klik link verifikasi. Selanjutnya, ikutilah instruksi dalam formulir pendaftaran akun. Dilanjutkan pilih “daftar”.
  3. Masuk kembali ke email untuk mendaftar NPWP. Kemudian bukalah email e-Registration untuk aktivasi akun. Kemudian klik link aktivasi dengan dilanjutkan mengklik tulisan “Klik di sini untuk memulai pendaftaran NPWP”.
  4. Akses kembali alamat website https://ereg.pajak.go.id/login kemudian isi bagian kolom email, password serta captcha. Selanjutnya klik log in. Maka anda akan langsung disuguhkan dengan tampilan awal dari e-Registration.
  5. Isilah formulir registrasi data pribadi WP sesuai petunjuk dan isi dengan benar supaya data tersebut terinput valid serta dapat dipertanggungjawabkan. Juga tidak ketinggalan supaya mengisi formulir tentang persyaratan dengan mengunggah foto KTP terbaru agar terpenuhinya syarat membuat NPWP.
  6. Setelah semua data selesai diisi, selanjutnya pilih simpan. Sehingga, akan muncul tampilan status pendaftaran Nomor WP. Lalu klik tulisan “kirim token” dan salin tulisan captcha. Lalu pilih submit. Maka secara otomatis token tersebut akan terkirim ke email yang didaftarkan tadi.
  7. Cek email di bagian inbox, maka akan ditemukan kotak masuk dari e-Registration yang berisi tentang token anda dengan dilanjutkan penyalinan tokennya. Kemudian, anda harus kembali lagi ke halaman e-Registration yang tadi, lalu klik tulisan “kirim permohonan” dan centanglah kotak pernyataan. Selanjutnya salin ulang token yang sudah anda copy tadi, dan klik kirim.

Baca Juga : 2 Cara Perhitungan Berat Ideal dengan Tepat

Begitulah penjelasan mengenai Cara Daftar NPWP secara sederhana juga mudah. Jika, anda sudah paham tentang penjelasan tersebut, maka segeralah untuk mendaftarkan diri sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan supaya bisa memenuhi tanggung jawab sebagai warga Negara baik dalam kewajibannya membayar pajak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *