Menu Close

Contoh Ucapan Turut Berduka Cita Kristen yang Harus Anda Gunakan

Contoh Ucapan Turut Berduka Cita Kristen yang Harus Anda Gunakan

all-truereligion.com – Ketika Anda mendapatkan kabar mengenai kematian seseorang yang Anda kenal, pasti Anda akan sangat ingin mengucapkan bela sungkawa dengan sebuah ucapan atau pesan singkat yang dikirimkan. Karena ketika kehilangan orang dalam hidup, akan membuat duka yang begitu dalam. Selain Anda akan ada orang lain yang mengirimkan ucapan ini. 

Ucapan turut berduka cita kristen akan berbeda dengan ucapan yang disampaikan kepada agama islam. Perbedaan ini karena agama islam dianjurkan untuk mengucapkan “Innalillahi wa innailahi rojiun” sedangkan dalam agama kristen tidak mengucapkan ini. Kemudian bagaimana contohnya untuk memberikan ucapan belasungkawa kepada orang yang meninggal?

Ucapan Belasungkawa Pada Agama Islam 

  1. Anda bisa menuliskan langsung doa untuk orang yang telah meninggal setelahnya. Seperti “Inna lillahi wa innailahi rojiun.” Diiringi dengan doa dan harapan untuk orang yang telah  meninggal  seperti pengampunan untuk dosanya, penempatan di Surga Allah dan ketabahan untuk keluarga. Biasanya yang beragama  islam akan melantunkan ucapan di awal dengan doa ini. 

 

Ucapan Belasungkawa Pada Agama Kristen 

  1. “Berbelasungkawa atas kembalinya ke Bapa di Surga. Tuhan Yesus akan memberikan kekuatan dan penghiburan baginya.”
  2. “Semoga kepergiannya bertemu Bapa mendapat terang. Saya dan keluarga ikut berduka untuk kepergiannya.”

 

Itulah ucapan yang bisa Anda gunakan sebagai contoh ketika mendapati kabar mengenai kematian seseorang. Anda bisa melakukan penambahan kata-kata untuk setiap contoh di atas. Dalam artikel ini juga akan diberikan cara untuk membalas ucapannya jika dalam posisi Anda yang diberikan ucapan seperti itu. 

 

Cara Membalas Ucapan Duka Cita 

  1. Balas ucapan yang Anda terima dengan ucapan “Terima kasih” atau kata lain seperti “Anda sungguh baik” karena ucapan yang disampaikan pada Anda merupakan bentuk dukungan agar Anda tidak merasa sendirian. Anda hargai dengan ucapkan terima kasih untuk doa yang telah mereka berikan dan kedatangannya. 
  2. Jika pesan yang Anda terima secara pribadi menghubungi Anda, maka Anda tidak perlu membalas dengan cepat. Anda berhak mendapatkan waktu untuk berduka lebih lama dan menenangkan diri. Apalagi jika yang meninggal merupakan orang terkasih. Jangan terburu  untuk membalasnya  jika dirasa belum kuat. 
  3. Kirim pesan broadcasting. Jika merasa tidak enak karena belum membalas juga, Anda bisa mengirim balasan broadcasting kepada setiap orang yang telah memberikan ucapan. Dengan cara ini Anda tidak perlu lama mengurusi hal seperti ini. 
  4. Unggah ucapan terima kasih kepada orang-orang yang telah berduka dan mengucapkan kepada Anda. Misalnya Anda mengunggah dalam akun media sosial facebook, instagram, atau status whatsapp dengan begitu orang-orang akan mengetahui bahwa Anda belum memiliki waktu untuk membalas pesan mereka secara personal. 

Baca Juga : Bangun Datar: Metode Mencari Keliling Persegi Panjang

 

Itulah contoh ucapan turut berduka cita kristen dan islam kemudian cara yang dapat dilakukan untuk membalas pesan itu. semoga artikel ini membantu untuk Anda yang akan mengucapkan duka citanya.